Selasa, 27 Desember 2011

Tips Membeli Handphone Second (bekas)

Sebelumnya blog SHARING SEPUTAR DUNIA ILMU telah share artikel "Tips merawat baterai Handphone". Nah sekarang blog SHARING SEPUTAR DUNIA ILMU akan membagikan artikel tentang Tips Membeli Handphone Second (bekas). Membeli handphone diperlukan kejelian dan panduan karena erat kaitanya dengan harga hp second itu sendiri. Definisi handphone itu sendiri adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Baiklah Sobat Sharing Seputar Dunia Ilmu berikut Tips Membeli Handphone Second (bekas) :
  • Pertama-tama tentunya sobat harus hati-hati dalam masalah budget. Menyiapkan budget sesuai dengan kantong/kocek sobat itu yang utama, karena jika sobat hanya tergiur dengan model itu hanya akan membuat dompet anda jebol.
  • Tentukan pilihan sebelum beranjak ke toko/shop. Ini akan mempermudah dan tak membuat Anda pusing ketika telah sampai. Referensi dari website, blog, atau majalah amat diperlukan. Informasi dari teman juga bisa sebagai second opinion. Hal ini juga akan membantu mendapat informasi tentang paket pembelian.
  • Sesuaikan ponsel yang akan dibeli dengan tingkat kebutuhan. Model sah-sah saja jadi pertimbangan. Tingkat kebutuhan akan mengacu pada fitur yang diperlukan.
  • Pastikan dua atau tiga shop/toko. Tak perlu terlalu banyak, sebab biasanya harga yang ditawarkan adalah harga rata-rata. Selisih harga umumnya tak terpaut jauh.
  • Ponsel bekas ada beberapa macam. Ada yang paket penjualannya masih lengkap, ada pula yang hanya berisi handset dan charger baterai, bahkan ada yang batangan (hanya handset).
  • Perhatikan kondisi fisik. Ada cacat atau tidak. Ini akan berkaitan dengan keputusan, apakah bisa ditolerir atau tidak. Sekaligus sebagai bahan untuk penawaran. sedikit lecet mungkin tak masalah, kecuali pada bagian layar dan bagian dalam. sebaiknya minta dicek semua.
  • Tes speaker dengan melakukan panggilan. Boleh juga dengan memutar lagu bila memiliki kapasitas pemutar lagu.
  • Daya tahan baterai penting. Lakukan pengisian ulang sejenak (jika memungkinkan). Kemudian cobalah untuk melakukan penggunaan fitur. Usahakan yang menguras baterai seperti kamera, musik, dll.
  • Lihatlah jaringannya. Apakah memiliki jaringan triple atau quad. Ini penting jika Anda gunakan di luar negeri yang memiliki band berbeda. Beberapa ponsel bahkan hanya memiliki dualband.
  • Cek IMEI dan kartu garansi (barangkali masih berlaku). Simpan kode ini Mungkin anda memerlukannya.
  • Jangan takut untuk mengembalikan jika ternyata tak sesuai dengan yang dijanjikan oleh penjual, kalau boleh sih tentunya.

Sekian dulu Tips Membeli Handphone Second (bekas) dari saya semoga bermanfaat bagi sobat yang hendak membeli handphone second…

Nb: Silahkan memberikan jejak anda di blog Sharing Seputar Dunia Ilmu ini dengan memberikan komentar anda untuk kemajuan blog ini!!!


Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Ber komentar untuk memberi pendapat tentang artikel diatas..NO SARA!

 
© Copyright Sharing Seputar Dunia Ilmu 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all